Posted by : Unknown March 18, 2013



Saya adalah seorang pemimpin, dan setiap orang di dunia ini adalah pemimpin atas dirinya sendiri. Namun yang dilihat sekarang adalah bagaimana kita menyikapi pertanggungjawaban kita sebagai seorang pemimpin. Seseorang itu dikatakan pemimpin yang ideal ketika ia mampu mengaplikasikan dan menjaga komitmennya. Berbicara soal komitmen, dalam pandangan saya komitmen itu merupakan ikatan yang merengkuh si pembuat komitmen untuk terus berada pada garis yang sudah ia prinsipkan dari awal hingga akhir. Secara garis besarnya komitmen disebut juga sebagai ikatan perjanjian.

Kalau kita lihat dari segi positifnya, tentu komitmen ini menjadi alert atau peringatan serta pengingat kepada kita dalam menetapkan seharusnya dan selayaknya kita ini berperilaku / bertindak, seperti apa yang sudah kita gariskan dari awal. Namun jika komitmen ini terabaikan dan hanya menjadi bayangan pelengkap diri saja, tentu hidup kita hanya akan mengalir tanpa arah dan tujuan dan tanggung jawab kita terhadap komitmen hanya sebagai bualan belaka. Di samping itu, dengan adanya suatu komitmen seseorang akan senantiasa terstruktur dan termotivasi dalam menjaga komitmen yang telah ia buat tersebut.
Nahh.. setelah berbicara panjang lebar mengenai apa itu komitmen dalam pandangan saya, langsung saja di sini saya akan menuliskan dan memberitahukan beberapa komitmen diri saya pada Fakultas Psikologi. Ini adalah beberapa target yang ingin saya jaga dan capai selama saya kuliah di Fakultas Psikologi USU. Ganbatte !! ^o^)9

1.      Berpakain di kampus sesuai ketentuan fakultas. Hal ini sangat penting, karena di fakultas psikologi benar-benar disiplin mengenai pakaian yang dikenakan mahasiswanya. Peraturan dibuat karena memang akan membentuk karakter tertentu pada pelakonnya, karena saya juga sadar nantinya seorang sarjana psikologi ini akan sangat akrab dengan persoalan penampilannya. Yaa walaupun ada ungkapan “jangan melihat buku hanya dari covernya saja”, Namun kebanyakan kita pasti dan akan selalu tertarik pada cover buku yang menarik, kan?. Dan pada perkuliahan ini yang perlu saya ingat adalah saya harus berpakaian sopan dan rapi dalam artian tidak diperbolehkan memakai T-Shirt dan pakaian ketat, serta celana jeans. Dan kalau pun mungkin saya memakai celana jeans atau celana yang agak ketat, saya seharusnya memakai baju atau kemeja yang panjangnya sampai ujung jari tangan saya. Tetapi sejauh saya ngampus di Fakultas Psikologi ini saya lebih sering memakai celana goyang (celana keper). :D

2.      Etika : Ramah, dan hangat dengan masyarakat fakultas. Seluruh jajaran civitas psikologi USU adalah keluarga kedua untuk saya. Mulai dari pihak dekanat dan juga para dosen serta kakak senior dan teman seangkatan, juga bapak satpam dan kakak / abang yang membersihkan ruang perkuliahan. Apa yang bisa saya lakukan untuk mereka sebisanya akan saya lakukan. Seperti kakak senior yang memerlukan sampel penelitiannya, dengan senang hati saya akan membantu menjadi sampel bila diperlukaan. Kepada pihak dekanat dan para dosen, saya seharusnya menghormati dan menyayangi mereka seperti saya menyayangi kedua orang tua saya. Di samping itu, saya juga harus menghormati kakak / abang yang membersihkan ruang perkuliahan dengan cara, sepatutnya saya tidak membuang sampah sembarangan di ruang kuliah, seperti tissue, bungkus bekas permen, ataupun sampah lainnya. Kalau bukan dari kita yang melakukan perubahan lalu siapa lagi! .

3.      Pilihan yang dipertanggungjawabkan. Saya terkadang kalau memutuskan sesuatu hal tanpa berpikir konsekuensi atau sebab-akibat dari pilihan tersebut (tanpa berpikir panjang), karena sifat saya yang masih mudah terpengaruh oleh situasi dan kondisi (labil banget). Dan oleh sebab itu, saya juga ingin berubah. Saya ingin sebelum saya menentukan suatu pilihan saya harus mempertanggungjawabkan pilihan tersebut. Apapun konsekuensinya harus saya tanggulagi, karena memang itu adalah pilihan yang sudah saya buat. Saya harus belajar dewasa, dan belajar bertanggung jawab atas apa yang telah saya lakukan.

4.      Tepat waktu. Sebisanya selama perkuliahan saya harus bisa datang tepat waktu dan meminimalisir keterlambatan walaupun perjalanan dari rumah saya ke kampus memakan waktu 1 jam. Waduuh.. Selain persoalan itu saya juga harus bisa kalau mengirim tugas deadline tepat pada waktu perjanjian atau bahkan sebelum deadline sudah mengumpulkan tugasnya.

Semoga ini adalah awal perubahan yang akan membawa saya menjadi seorang pemimpin yang ideal untuk diri saya sendiri dan mampu menjadi inspirasi dan mempengaruhi orang sekitar saya menjadi labih baik lagi. Seseorang dipandang hebat jika ia mampu menaklukan masalah yang hebat pula. Bismillah.. ^o^)9

{ 4 komentar... read them below or Comment }

  1. ok, Bismilahhirohmanirrohim Dika :)
    semua harus diawali dengan niat :)

    thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bu Dina : makasih Ibu.. :)
      Bismillaahirrohmaanirrohiim. ^o^)9

      Delete

- Copyright © 2013 Goresan Psikologi - Supported by Chaidir's Web - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -